Tips Mudah Menyusun Strategi Pemasaran

TIPS MUDAH MENYUSUN STRATEGI PEMASARAN

Tips Mudah Menyusun Strategi Pemasaran


By Admin Xohop On 13 Dec 2017

Mungkin kelihatannya memasarkan produk bagi sebagian orang yang hendak mencoba, pasti akan berpikir bahwa menjual produk bisnis adalah sesuatu yang terbilang mudah. Hal tersebut bisa jadi dianggapnya karena mengingat saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang sudah berhasil dalam membuka usaha sendiri dan berjaya sampai saat ini.

Strategi pemasaran sendiri merupakan sesuatu kegiatan dimana semua sistem yang berhubungan tentang bisnis, ekonomi menjadi satu. Mulai dari merencanakan, kemudian menentukan harga jual, mempromosikan sampai bagaimana cara mendistribusikan barang atau jasa yang sekiranya dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

 

Komponen Penting dari Strategi Pemasaran


Menerapkan Strategi pemasaran diawali dengan menganalisa secara keseluruhan dari situasi perusahaan. Pemasar harus melakukan analisis SWOT, di mana ia menilai kekuatan (strengths [S]), kelemahan (weaknesses [W]), peluang (opportunities [O]), dan ancaman (threats [T]) perusahaan secara keseluruhan.

Dalam menerapkan strategi pemasaran yang benar, sebaiknya diawali dengan mulai menganalisa secara menyeluruh dari perusahaan atau usaha yang sedang anda jalankan. Anda sebagai pelaku bisnis harus melakukan analisa dengan cara menilai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) dari perusahaan atau usaha anda sendiri.

  • Kekuatan (Strengths) terdiri atas kemampuan internal, sumber daya, serta faktor situasional positif yang bisa mendorong perusahaan melayani para customer serta memperoleh apa yang dibutuhkannya.
  • Kelemahan (Weaknesses) terdiri atas keterbatasan internal kemudian, faktor situasional negatif yang bisa membuat batasan antara performa dengan perusahaan,
  • Peluang (Opportunities) yaitu faktor atau tren yang membuat untung terhadap lingkungan eksternal yang bisa digunakan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan,
  • Ancaman (Threats) yakni suatu faktor pada lingkungan eksternal yang merugikan serta menghadirkan tantangan dalam meningkatkan performa perusahaan.

 

 

Hal yang Menyebabkan Perubahan Strategi Pemasaran


Pada strategi pemasaran, terdapat bebarapa faktor utama yang bisa menimbulkan terjadinya perubahan antara lain,

  1. Siklus produk, Dalam menyusun strategi pemasaran wajib disesuaikan menggunakan tahap-tahap daur hidup, yakni tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan serta tahap kemunduran
  2. Tingkat persaingan perusahaan di pasar, Strategi pemasaran wajib disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, dan apakah dalam kategori memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari ceruk pasar ;
  3. Keadaan ekonomi, dalam menyusun strategi pemasaran pun wajib disesuaikan terhadpa situasi ekonomi, sebagai pelaku bisnis anda harus selalu bergerak ke depan serta mengembangkan strategi jangka panjang untuk memenuhi kondisi yang tengah berubah terhadap industri mereka serta memastikan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang.

 

 

Cara Menjalankan Strategi Pemasaran


Penerapan Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai berikut: 

  • Segmentasi Pasar merupakan suatu tindakan dimana kegiatan jual beli terbagi atas beberapa kelompok, antara lain, pembeli dengan kebutuhannya, karakteristik atau perilaku berbeda yang bisa jadi membutuhkan produk pemasaran secara terpisah.
  • Penetapan Target Pasar, yaitu suatu kegiatan mengevaluasi daya tarik secara tersendiri segmen pasar selanjutnya memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terbagi atas merancang strategi guna membangun jalinan yang baik dengan customer yang sesuai, atau suatu perusahaan besar yang bisa jadi memutuskan guna menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan jika hal ini terbukti berhasil, mereka menambahkan segmen
  • Diferensiasi dan Posisi Pasar, setiap perusahaan wajib menentukan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya agar setiap segmen sasaran serta posisi apa yang hendak ditempatinya pada segmen tersebut, posisi produk yaitu tempat yang ditempati merupakan produk relatif pada pesaingnya dalam pikiran konsumen, pelaku bisnis hendak melebarkan posisi pasar unik terhadap produk mereka. Apabila suatu produk diklaim memiliki kesamaan yang persis dengan produk lainnya di pasar,  konsumen mungkin tidak akan mau membelinya.