3 Langkah Penting Dalam Melakukan Pemasaran Website E-commerce

3 LANGKAH PENTING DALAM MELAKUKAN PEMASARAN WEBSITE E-COMMERCE

3 Langkah Penting Dalam Melakukan Pemasaran Website E-commerce


By Admin Xohop On 08 Dec 2017

Sebenarnya, kita sendiri sudah paham betul bahwa pemasaran terhadap website e-commerce merupakan strategi atau hal paling vital bagi suatu perusahaan atau pelaku bisnis guna memperoleh keuntungan. Dan pemasaran sendiri merupakan suatu proses atau kegiatan dimana para pelaku bisnis memberikan informasi terhadap barang atau jasa yang mempunyai nilai tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia atau konsumen.

Kemudian, pemasaran pada website toko online terdiri atas beragam cara, dan di setiap pebisnis online, tentu mereka mempunyai susunan strategi mereka masing-masing. Namun, rasanya percuma saja bila anda melakukan berbagai macam cara sedemikian rupa untuk membangun bisnis anda, namun tahap tersebut tidak tersusun rapih, maka hasilnya hanyalah suatu teknik marketing yang buruk. Contoh kecilnya, saat ini begitu banyak lapak-lapak bisnis online yang ada di Indonesia, dan terdapat salah satu dari mereka hanya mementingkan SEO saja, dan hasilnya pun akan berbeda jika dibandingkan pebisnis online yang selalu memerhatikan segala aspeknya. Seperti, melakukan optimasi pada sosial media yang dimiliki.

Seperti yang telah dijelaskan tadi, akan terdapat beberapa hal penting dalam melakukan pemasaran website ecommerce, antara lain :

 

1. Tujuan

 

Tujuan, merupakan hal pertama yang wajib anda pikirkan saat hendak melakukan pemasaran terhadap website e-commerce, pikirkanlah apa yang menjadi tujuan utama anda membuka website e-commerce, memikirkan hal tersebut, sebaiknya jangan terlalu sempit, dan sebaliknya buatlah tujuan yang terfokus. Seperti misalnya, anda hendak membuka website e-commerce untuk produk alat rumah tangga, untuk itu, fokuskanlah website tersebut untuk produk rumah tangga.

Didalam tujuan anda harus mengidentifikasi bahwa target konsumen bisa terbagi menjadi 3

Saat anda memilih tujuan mau diarahkan kemana website e-commerce tersebut, di sini anda wajib menganalisa bahwa sebenarnya, target pemasaran dapat terbagi atas 3, antara lain :

  1. Pelanggan dengan berpenghasilan kebawah
  2. Pelanggan dengan berpenghasilan menengah kebawah
  3. Pelanggan dengan berpenghasilan menengah keatas

 

 

 

2. Strategi

 

Tahap selanjutnya ialah strategi, adapun langkah-langkah menyusun strategi tersebut antara lain "

  1. Mengidentifikasi wilayah dan konsumen
  2. Menganalisa wilayah, jangkauan dan customer
  3. Mengobservasi apa yang menjadi kebutuhan yang paling dibutuhkan di sana.
  4. Melakukan Promosi E-commerce
  5. Menyusun testimoni saat konsumen mulai menyukai produk yang terdapat di situs e-commerce anda.

 

 

 

#3. Taktik

 

Taktik disini sebenarnya sangat bergantung terhadap strategi apa yang telah anda susun sebelumnya, bila anda sudah menyusun strategi maka anda sebenarnya sudah menyusun taktik tersendiri di dalamnya. Contohnya kecilnya, pada saat anda hendak mencari target pemasaran produk yang sekiranya akan mengunjungi website anda, dan maka taktik yang anda lakukan adalah meningkatkan SEO di situs anda.

Apabila anda telah melakukan tiga langkah pemasaran terhadap website e-commerce barusan, kesimpulannya ialah strategi sebenarnya bukanlah tujuan melainkan bagaimana anda mampu meraih tujuan tersebut, sementara taktik sendiri adalah bagaimana cara anda melakukan strategi tersebut sampai terlaksana.

Melakukan pemasaran terhadap website e-commerce sudah pasti berbeda namun tetap saja guna memperoleh hasil yang lebih memuaskan sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu tujuan sebelum mengambil tindakan.